Perkembangan zaman terus melaju
menuju era globalisasi. Kita disuguhi persaingan yang semakin kompetitif.
Siapapun yang tidak ingin tertinggal harus tanggap beradaptasi. Salah satu hal
yang perlu dilakukan demi menjawab tantangan era globalisasi dan persaingan
yang semakin kompetitif adalah melalui pengembangan sumber daya manusia yang
lebih peka dan terampil.
“Bagaimanapun
tingginya suatu teknologi yang dipergunakan dalam operasional, namun faktor
manusia tetap merupakan unsur penting. Tidak ada satupun dari teknik atau
metode manajemen yang efektif tanpa ada unsur manusia sebagai tenaga kerja
terampil”
Hal
itulah yang sangat disadari oleh Rumah Sakit Karima Utama (RSKU). Sebagai
lembaga
pemberi jasa pelayanan kesehatan, RSKU dituntut untuk meningkatkan efisiensi
dan kualitas pelayanannya agar tidak mudah tergerus zaman. Meningkatkan sumber
daya manusia adalah salah satu hal penting untuk kemajuan rumah sakit. Maka
beberapa waktu lalu, RSKU melaksanakan sebuah training motivasi yang bertajuk In House Training Customer Care With
Spiritual Building.
In House Training Customer Care With
Spiritual Building
dilaksanakan pada 31 Mei dan 1 Juni 2013. Tidak
tanggung-tanggung, empat trainer didaulat untuk mengisi acara tersebut. Mereka
adalah Coach Edwin
Indarto, B.M. Susilowati,
S.Kep.,M.Kes, Ust. M. Nasir,
S.Pt., Ust. H. Wasono Nur
Hadi.
Pembicara yang pertama adalah Coach Edwin Indarto sebagai
penyampai materi mengenai “Customer Care”. Kemudian ada B.M.
Susilowati, S.Kep.,M.Kes, pembicara yang lebih akrab dipanggil
Ibu Susi itu membahas seluk beluk “Komunikasi Efektif”. Selanjutnya adalah materi yang
mengupas tuntas mengenai “Pelayanan Prima dalam Sistem Organisasi Rumah Sakit”
disampaikan oleh Ust. M. Nasir, S.Pt. Lalu
sebagai pelengkap diberikan juga materi yang menambah suplemen jiwa oleh Ust. H.
Wasono Nur Hadi yaitu
mengenai “spiritual building”.
Kita tahu bahwa karyawan
bukanlah robot. Keberhasilan organisasi lembaga perusahaan dalam mencapai
tujuan tidak terlepas dari peran karyawan. Karyawan bukan semata obyek dalam
pencapaian tujuan organisasi lembaga perusahaan, tetapi juga menjadi pelaku.
Mereka dapat menjadi perencana, dan pelaksana yang berperan aktif dalam
mewujudkan tujuan organisasi lembaga perusahaan. Selain itu, karyawan juga
mempunyai pikiran, perasaan dan keinginan yang dapat mempengaruhi sikapnya
terhadap pekerjaan. Oleh sebab itu, RSKU merasa perlu memberikan training
motivasi kepada karyawan sebagai suplemen jiwa.
Semoga In House
Training Customer Care With Spiritual Building benar-benar sanggup memberi
energi baru yang mampu mendongkrak kinerja karyawan dalam pelayanan di rumah
sakit. Refresh Your Mind.