Breaking News
Loading...
Kamis, 15 Oktober 2015

Mari biasakan mencuci tangan !!!

12.40




Mengapa Harus Cuci Tangan ?

Cuci tangan merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah untuk mencegah penyebaran penyakit. Tak jarang tangan kita sendiri justru seingkali menjadi perantara dari berbagai bakteri untuk masuk ke dalam tubuh kita.
Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan pathogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti meja, handuk, gelas dll).
Penyakit seperti diare, cacingan, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), TBC bahkan penyakit yang mematikan seperti SARS, flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1) dapat dicegah dengan mencuci tangan secara benar. Sayangnya, banyak orang yang meremahkan kebiasaan sehat ini dan mengganggapnya tidak penting. Padahal dengan membiasakan mencuci tangan dengan baik, hidup Anda dan keluarga dapat lebih sehat.

Cara Mencuci tangan dengan air mengalir :
Basahi tangan, ambil sabun secukupnya, ratakan dengan cara menggosokkan sabun pada kedua telapak tangan.
Gosok punggung tangan dan sela-sela jari secara bergantian
Gosok kedua telapak dan sela-sela jari tangan
Gosok punggung jari kedua tangan dengan posisi jari saling mengunci
Gosok ibu jari tangan kiri dengan diputar dalam genggaman tangan kanan, lakukan secara bergantian
Usapkan ujung kuku tangan kanan dengan diputar ditelapak tangan kiri berlawanan dengan arah jarum jam, lakukan secara bergantian kemudian bilas.

Sebagai catatan : setelah dibilas, keringkan tangan dengan tissue, apabila menggunakan kran tutup kran dengan tissue bekas mengeringkan tangan.

Setiap hari Anda bersentuhan dengan bermacam kuman dan banyak yang berbahaya. Oleh karena itu, lindungilah diri Anda sendiri dengan mencuci tangan secara teratur.
Kami Senantiasa Mengutamakan Keselamatan dan Peningkatan Mutu Pelayanan
 
Toggle Footer