Breaking News
Loading...
Rabu, 07 Oktober 2015

10 Kebiasaan yang Tidak Baik untuk Pencernaan

11.45

Sakit perut, mules, sembelit, dan juga perut kembung merupakan ciri-ciri gangguan sistem pencernaan. Dan terkadang, pencernaan yang terganggu bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk yang anda lakukan sehari-hari.
Apa yang anda makan, cara anda memakannya, hingga kebiasaan lainnya, bisa menyebabkan fungsi pencernaan terganggu, dan mendatangkan banyak gejala yang tidak menyenangkan seperti yang tadi disebutkan di awal.
Dan yang lebih penting lagi, sistem pencernaan yang buruk sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karenanya, sebelum terlambat, mari ubah berbagai kebiasaan sehari-hari yang berakibat buruk bagi sistem pencernaan kita berikut ini, seperti kami kutip dari laman situs Boldsky:

Makan tengah malam
Kebiasaan ini bisa menyebabkan perut mules dan asam lambung yang naik, apalagi jika anda langsung berbaring untuk tidur setelah makan. Sebisa mungkin, berikan jeda 2 jam setelah makan sebelum anda tidur.

Kurangnya asupan serat dari makanan
Dengan serat, sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Kurangnya asupan serat sehari-hari bisa menyebabkan konstipasi alias susah buang air besar. Konsumsi buah dan sayuran segar dengan mudah dapat mengatasi masalah ini.

Menelan air ketika makan
Jika sedang terburu-buru, bisa jadi anda menelan air bersama makanan agar lebih cepat menyelesaikan hidangan di depan anda. Namun, kebiasaan ini berakibat buruk bagi perut dan sistem pencernaan anda.

Menyuap makanan dalam porsi besar
Menyuap makanan ke dalam mulut dalam porsi yang besar tidaklah baik bagi pencernaan anda. Cobalah makan dalam porsi suapan yang sama setiap kalinya, untuk membantu sistem pencernaan anda bekerja dengan nyaman.

Softdrink
Minuman yang paling cocok setelah makan adalah air putih/mineral. Batasi minum softdrink atau bahkan teh setelah makan, karena bisa menyebabkan perut kembung dan bergas.

Permen karet
Saat mengunyah permen karet, besar kemungkinan anda turut menelan udara. Hal tersebut bisa menyebabkan anda bersendawa dan kembung.

Mengkonsumsi alkohol
Alkohol, disamping banyak efek negatif lainnya, sangat buruk bagi pencernaan anda. Minuman beralkohol dapat menyebabkan diare (diarrhea), dan yang lebih buruk lagi bisa menyebabkan radang lambung dan sakit maag.

Menunda buang air besar (BAB)
Menunda-nunda panggilan alam yang satu ini sangat buruk bagi pencernaan anda. Jangan tunda panggilan untuk BAB, karena justru bisa menyebabkan anda sembelit.

Merokok
Satu lagi alasan bagi anda untuk berhenti merokok. Merokok mendatangkan banyak efek buruk bagi tubuh dalam banyak cara, termasuk bagi sistem pencernaan anda, termasuk asam lambung dan gangguan pada lambung.

Sebisa mungkin menghindari 10 kebiasaan di atas, maka anda meminimalisir gangguan pada pencernaan yang bisa mengganggu pekerjaan dan aktivitas anda sehari-hari.

Sumber : Web Kesehatan
Kami Senantiasa Mengutamakan Keselamatan dan Peningkatan Mutu Pelayanan
 
Toggle Footer