Breaking News
Loading...
Selasa, 07 Juli 2015

Kenali Tulang Anda

16.10


Tahukah Anda, bahwa Anda dapat berdiri tegap berkat sebuah kerangka yang dapat menopang berat tubuh Anda? Pastinya, kerangka ini terbuat dari bahan dasar yang sangat kuat. Bersyukurlah bila Anda dianugerahi tulang yang kuat, karena dengan tulang kuat, Anda dapat melakukan apapun yang Anda sukai. Nah, sekarang mari kita bahas serba-serbi tulang kita ini.
Inilah dari mana tulang Anda berasal
Tulang kita terbuat dari kristal mineral yang terikat dengan protein. Ini memberikan kekuatan dan ketahanan sehingga kerangka Anda dapat melawan benturan tanpa berisiko retak atau bahkan patah. Struktur yang terbuat hanya dari mineral akan lebih rapuh dan lebih mudah patah, sementara struktur yang terbuat hanya dari protein juga akan menjadi terlalu lembut dan terlalu mudah menjadi bengkok. Kalsium dan fosfat membentuk bagian mineral, sedangkan protein dalam tulang Anda merupakan kolagen.
Tulang akan selalu beregenerasi
Tulang kita mungkin saja sekuat baja, tapi tetap merupakan jaringan yang hidup, bisa berubah setiap saat. Sepanjang hidup Anda, tulang akan terus-menerus beregenerasi dalam sebuah proses yang disebut remodelling atau pemodelan ulang. Tahukah Anda, kerangka orang dewasa beregenerasi setiap 10 tahun sekali?
Usia 30 tahun adalah puncak regenerasi tulang
Tulang Anda akan terus beregenerasi dengan cepat hingga Anda berusia 30 tahun. Setelah itu, Anda akan mengalami puncak massa tulang (yang dapat berbeda-beda bentuknya pada setiap orang). Artinya, hingga Anda berusia 30 tahun, tubuh Anda akan membentuk tulang baru dengan cepat, tapi di atas usia tersebut, keseimbangan pembentukan tulang akan berubah dengan alami dan akan lebih banyak jumlah tulang yang rapuh, daripada yang baru terbentuk.
Bantulah tulang Anda untuk tetap kuat
Untuk mencegah kondisi tulang yang mudah keropos dan rapuh seiring dengan bertambahnya usia, Anda perlu mendapat asupan kalsium, protein dan vitamin D yang cukup. Komponen terbesar pada pola makan sehat yang bersahabat dengan tulang adalah sayur-sayuran hijau (terutama yang berdaun), baik dimasak maupun mentah, untuk asupan sarat kalsium, vitamin K, potassium dan mineral serta gizi lainnya yang Anda perlukan dalam rangka membentuk tulang yang kuat.
Vitamin D juga berperan penting untuk membentuk kekuatan tulang dan, percaya atau tidak, sumber terbaiknya adalah, matahari. Jadi, jangan terlalu banyak mengeluh saat matahari bersinar terik dan perbanyaklah kegiatan berjemur. Jangan lupa, sebelumnya, oleskan tabir surya di kulit secukupnya untuk menghindari terbakarnya kulit.
Terakhir, mungkin ini akan terdengar aneh, tapi semakin Anda memberi tekanan terhadap tulang Anda, akan semakin ‘tahan banting’ pula tulang Anda. Dengan menopang beban dari berat tubuh Anda saja, tulang akan mengerahkan semua komponennya untuk tetap kuat. Untuk dapat lebih memperkuat tulang, lakukanlah olahraga aerobic, angkat beban dan latihan resistensi beberapa kali dalam seminggu.
 Semoga Bermanfaat.
 Sumber : Hello Doctor
Kami Senantiasa Mengutamakan Keselamatan dan Peningkatan Mutu Pelayanan
 
Toggle Footer