Breaking News
Loading...
Selasa, 21 Juli 2015

Bahaya Pemakaian High Heels Jangka Panjang

10.35
Tiada lagi hal lain di dunia ini yang dapat membuat seorang wanita merasa dirinya wanita paling cantik dan seksi, selain sepasang high heels atau sepatu hak tinggi. Tapi, berhati-hatilah! Pemakaian sepasang high heels dalam jangka panjang dapat menyebabkan cedera atau masalah pada kaki, lutut, pinggul dan punggung. Nah, kalau sudah begitu, ya, tak seksi lagi namanya! Ketika Anda memakai high heels, hak sepatu dapat menekan lekukan punggung bagian bawah Anda, yang nantinya menyebabkan ketegangan pada otot dan nyeri punggung bagian bawah. Hak sepatu yang terlalu tinggi (di atas 7cm) juga akan mencederai kaki dan tungkai Anda!

Apa saja dampak high heels bagi kesehatan dalam istilah yang umum diketahui orang? Simak yang satu ini!

1.     Morton’s neuroma
Hak yang terlalu tinggi dan bagian depan sepatu (toebox) yang terlalu rendah dapat menyebabkan penebalan jaringan di sekitar saraf di antara jari kaki ke-3 dan ke-4 yang dapat menyebabkan nyeri dan mati rasa pada jari-jari kaki.


2.     Bunion (pembengkakan pada sendi pertama pada ibu jari kaki)
Bagian sepatu yang menyempit, terutama di bagian toebox dapat menyebabkan pertumbuhan tulang yang menyakitkan pada sendi di dasar ibu jari kaki, yang dapat memaksa ibu jari kaki menyatu dengan jari-jari kaki lainnya.


3.     Hammertoes
Toebox yang terlalu rendah mendorong jari-jari kaki (selain ibu jari) menekuk pada sendi tengah jemari. Pada akhirnya, otot-otot pada jari-jari ke-2, ke-3 dan ke-4 sulit menjadi lurus, sekalipun Anda sedang tak memakai sepatu.

4.     Cedera pergelangan kaki
Sepatu berhak tinggi dapat mengacaukan keseimbangan Anda. Si pemakai dapat meningkatkan risiko untuk terjatuh, yang akan memicu pergelangan kaki keseleo atau bahkan patah.


5.     Tendon Achilles
Ketika bagian depan kaki bergerak ke bawah sehubungan dengan tumit, tendon Achilles akan mengencang dan membuat kaki dan tumit cepat lelah.


6.     Perubahan postur tubuh
Sepatu hak tinggi mendorong pusat massa dalam tubuh ke depan, membuat posisi pinggul dan tulang belakang tidak sejajar. Postur tubuh Andapun resmi berubah!


7.     Cedera lutut
Berjalan memakai high heels dengan postur tubuh yang telah berubah seperti disebutkan di atas dapat menyebabkan tekanan yang berlebihan di bagian dalam lutut – bagian yang paling umum terkena osteoarthritis dan terutama dialami para wanita.


Nah, sekarang, Anda masih ingin berlama-lama memakai high heels?


Sumber : Hello Doctor
Kami Senantiasa Mengutamakan Keselamatan dan Peningkatan Mutu Pelayanan
 
Toggle Footer