Breaking News
Loading...
Kamis, 16 Juli 2015

Dampak Negatif Minuman Bersoda

10.01


          Lebih suka minuman bersoda dibanding air putih? Sebaiknya Anda waspada dan mulai menghentikannya sekarang juga. Mengapa? Karena di balik minuman bersoda yang enak dan manis itu banyak efek buruknya terhadap kesehatan. Nah, apa saja dampaknya bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini ya.

          Minuman soda sekarang memang banyak beredar di pasaran. Namun, Anda harus pandai-pandai dalam mengonsumsinya. Minum minuman soda yang teratur dan berlebihan bisa berdampak serius pada kesehatan.

Kandungan dan dampak negatif minuman bersoda :
1. Pewarna. Minuman bersoda mengandung pewarna 4 metilimidazol (4-MI). Pewarna ini bisa memicu kanker.

2. Gula. Minuman bersoda mengandung tambahan gula. Meskipun zero sugar atau less sugar, minuman bersoda semuanya mengandung gula. Kandungan gula inilah yang bisa memicu obesitas, diabetes tipe 2, serangan jantung, stroke. Dan, gula bisa membuat keinginan makan menjadi lebih besar. Di samping itu mereka mengurangi kandungan gula dan menggantinya dengan kandungan garam atau Sodium atau Natrium yang berpengaruh pada penyakit tekanan darah tinggi.

3. Asam fosfat. Asam fosfat adalah senyawa tidak berbau yang memberikan rasa. Senyawa ini efektif dalam menghilangkan karat besi sehingga jika masuk ke dalam tubuh bisa merusak saluran cerna dan ginjal, serta melemahkan tulang (bisa menyebabkan osteoporosis).

4. Kafein. Seperti yang kita ketahui, kafein bisa membuat detak jantung lebih cepat dan meningkatkan darah tinggi. Dan, bisa membuat tubuh berhenti menyerap zat besi dari makanan sehingga orang yang minum minuman bersoda menjadi kekurangan zat besi.

5. Bisfenol A. Senyawa bisfenol A umum ditemukan pada botol bayi, alat makan plastik, tempat CD. Sifat senyawa ini mirip dengan hormon estrogen yang mampu merusak keseimbangan tubuh. Berdasarkan penelitian, senyawa bisfenol A ini bisa memicu kanker, kerusakan hati, obesitas, diabetes, ketidaksuburan.

6. Asam sitrat. Asam sitrat umum ditemukan pada jeruk dan jeruk bali. Senyawa asam sitrat ini bisa merusak gigi jika dikonsumsi secara berlebihan berdasarkan penelitian General Dentistry.
Sudah tahu ya, tentang dampak negatif minuman bersoda? Tentunya Anda ingin hidup lebih sehat dan lebih baik, bukan? Yuk, dari sekarang hentikan kebiasaan minum minuman bersoda. Perbanyaklah minum air putih.

Semoga Bermanfaat.

Sumber : Hello Doctor
Kami Senantiasa Mengutamakan Keselamatan dan Peningkatan Mutu Pelayanan
 
Toggle Footer