Breaking News
Loading...
Sabtu, 13 Juli 2013

Setetes Darah Untuk Kehidupan

16.26


Tahukah Anda?
Kebutuhan darah nasional minimal adalah 2% dari jumlah penduduk. Jika jumlah penduduk Indonesia sekarang sekitar 232 juta penduduk, maka stok aman kantong darah yang harus tersedia kurang lebih adalah 4,7 juta kantong per tahun. Untuk memenuhi kebutuhan itu PMI di bawah kepemimpinan Jusuf Kalla membuat terobosan dengan upaya ‘jemput bola’ kepada pendonor. PMI berusaha menjadikan aktifitas donor darah kini menjadi sebuah tren gaya hidup baru.
Sebagai warga Negara yang peduli terhadap sesama, maka pihak RS Karima Utama (RSKU) juga mempunyai agenda donor darah rutin setiap tiga bulan sekali. Selain wujud dukungan terhadap program PMI, Donor darah juga bisa dijadikan sebagai ajang berlomba dalam kebaikan. Di RSKU donor darah biasa dilaksanakan di Poliklinik dan diikuti oleh karyawan yang bersedia mendonor.

Bagi sebagian orang mungkin akan merasa takut melakukan donor darah. Tapi ketahuilah bahwasanya banyak sekali manfaat yang akan didapat ketika kita rutin mendonorkan darah.
Manfaat pertama, dengan donor darah, orang akan mengetahui golongan darahnya dengan tepat. Lalu para pendonor dapat pula memeriksakan kesehatan secara teratur karena setiap akan didonor, darahnya akan diperiksa terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesehatannya.
Pemeriksaan hemoglobin sebelum melakukan donor dapat membuat si pendonor menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh. Manfaat lain dengan memeriksakan kondisi darah sebelum mendonor, bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan menurunkan risiko terkena stroke.
Selanjutnya, donor darah dapat membakar kalori dalam tubuh, membantu mendeteksi masalah kesehatan, menurunkan risiko kanker, dan mengontrol tekanan darah. Pendonor juga bisa menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah. Pemeriksaan darah pun bisa membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, menjaga kesehatan sistem peredaran darah.
Lalu bisa pula meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal, membuat hidup lebih bahagia, membantu sesama. Donor juga dapat menyehatkan tubuh, memperkaya cadangan darah yang dibutuhkan, menyegarkan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka.
“Ibarat pucuk yang akan terus tumbuh lebih bagus setelah dipetik”. Seperti itu juga darah kita. Setelah didonor, nanti kan darahnya tumbuh baru terus di tubuh.

Simbiosis mutualisme. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi kita sebagai pendonornya.
Kami Senantiasa Mengutamakan Keselamatan dan Peningkatan Mutu Pelayanan
 
Toggle Footer