Breaking News
Loading...
Kamis, 16 Januari 2014

Ini Perubahan RSKU Tahun 2014, Apa Perubahanmu?

16.03

Tahun 2013 baru saja berlalu. Adakah tinta emas yang telah kita torehkan? Atau, adakah kekecewaan yang kita rasakan? Sekarang sudah tahun 2014,  saatnya tutup buku, buka lembaran baru. Sebagaimana tema yang diangkat dalam rapat kerja RS Karima Utama (RSKU) kemarin, “Persiapkan Diri, Mari Kita Berbenah”. Untuk menghadapi tahun 2014 kita harus mempersiapkan diri, dan membenahi segala hal menjadi lebih baik lagi.

Rapat kerja RSKU dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2014 kemarin. Acara yang diselenggarakan di meeting room hotel Lor In tersebut sebelumnya telah diawali pada tanggal 11 Januari 2014 dengan persentasi seluruh Kepala Unit melaporkan hasil kinerja selama tahun 2013. Dari laporan hasil kerja itulah dirangkum semua pencapaian dan segala kekurangan sebagai bahan pertimbangan resolusi apa yang harus dilakukan tahun 2014. Mari berbenah.

Ibarat kita akan melakukan sebuah perjalanan, maka kita harus tahu jelas arah dan tujuan perjalanan kita. Dengan adanya tujuan yang jelas itu akan menuntun kita, mengarahkan apa saja persiapan yang harus dilakukan agar dapat sampai pada tujuan yang telah ditargetkan. Misalnya kita akan pergi ke Bandung. Kita harus mempersiapkan, mau ke Bandung naik apa, ongkosnya berapa, apa saja yang akan dibawa, dan kita juga harus memperhitungkan misalnya ingin sampai di Bandung pukul 07:00 maka berangkat dari Solo harus jam berapa. Semuanya harus kita pikirkan dengan matang. Persiapkan diri.

RSKU sedang menuju akreditasi JCI tahun 2015. Tentu saja ini bukan hal yang mudah. JCI (Joint Commission International) merupakan badan akreditasi internasional. Untuk mencapai akreditasi bertaraf internasional tersebut maka RSKU berkomitmen untuk mengembangkan kualitas perawatan pasien, lingkungan yang aman dan secara berkesinambungan mengurangi resiko kesehatan bagi pasien dan karyawan. Penataan gedung baru masih terus harus diperbaiki di sana sini. Masih banyak kekurangan yang perlahan tapi pasti akan terus dibenahi.
 
Selain itu RSKU juga harus mempersiapkan untuk kerjasama dengan pihak JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Program Jaminan Kesehatan Nasional disingkat Program JKN adalah suatu program Pemerintah dan Masyarakat/Rakyat dengan tujuan memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi setiap rakyat Indonesia agar penduduk Indonesia dapat hidup sehat, produktif, dan sejahtera. Sepertinya ini akan sangat membuat pusing, menguras tenaga dan pikiran, sama halnya dengan mengurus masalah BPJS dan lain sebagainya. Tapi semuanya harus dijalani sebagai wujud komitmen RSKU menuju akreditasi JCI tahun 2015.
Mari [kita] berbenah. Ini sangat penting. Harus selalu disadari. Ingatlah, yang harus berbenah itu “kita”. Bukan hanya saya atau anda. Bukan mereka atau kalian. Kita yang akan membenahi RSKU agar dapat mencapai semua target itu. Seluruh karyawan harus saling bergenggam tangan, saling mendukung dan saling menguatkan, demi mewujudkan RSKU yang lebih baik lagi. Kita tidak akan bisa membangun istana megah tanpa pondasi yang kuat. Dalam hal ini, loyalitas terhadap RSKU dan solidaritas sesama kita adalah pondasi.Ini perubahan kami lalu apa perubahanmu?


Kami Senantiasa Mengutamakan Keselamatan dan Peningkatan Mutu Pelayanan
 
Toggle Footer