Breaking News
Loading...
Sabtu, 23 November 2013

Berbagi Kisah dengan Ny. Borinem dan RS Karima Utama

15.49

Pernahkah kita membayangkan bagaimana rasanya melakukan operasi? Bukan hanya hati kita dan seluruh pihak yang terlibat, tapi jam dindingpun sepertinya akan ikut berdetak lebih kencang, menyaksikan proses operasi berlangsung.
 
Lalu apa yang dirasakan pasca operasi? Mungkin bagaikan melihat hari yang cerah berpelangi dan malam indah berpurnama. Udara penuh oksigen. Lega. Bahagia. 

Iya, sepertinya itulah yang dirasakan oleh Ny. Borinem pasca operasi 5 November kemarin. Lega dan Bahagia tentu saja. Bukan hanya keluarganya, tapi pihak RS Karima Utama pun turut bergembira atas berhasilnya operasi yang dilakukan terhadap Ny. Borinem. 

Tanggal 4 November 2013 lalu, Ny. Borinem konsultasi dengan dr. Pamudji Utomo,Sp.OT di RS Karima Utama. Beliau mengeluhkan rasa sakit pada tulang belakang. Menurut penuturannya, rasa sakit pada tulang belakangnya itu sudah terasa sejak  sekitar 2 bulan yang lalu, sehingga kakinya tidak bisa dipakai berjalan. Setelah itu disimpulkan dari hasil pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) bahwa Ny. Borinem didiagnosa spondilitis tuberculosa vertebra thoracal 10-11.

Spondilitis tuberculosa adalah infeksi yang sifatnya kronis, berupa infeksi granulomatosis yang sifatnya kronis. Infeksi yang disebabkan oleh kuman spesifik (mycumbakcterium tuberculosa) itu yang mengenai tulang belakang (tulang vertebra). Sehingga harus dilakukan operasi Laminektomi.

Istilah-istilah operasi bedah tulang ini memang akan terdengar asing di telinga orang umum. Namun tidak ada salahnya juga bila kita tahu sedikit-sedikit untuk menambah wawasan.

Operasi laminektomi adalah eksisi pembedahan untuk mengangkat lamina dan memungkinkan ahli bedah spinalis mengidentifikasi dan mengangkat patologi dan menghilangkan kompresi medulla dan radiks. Laminektomi juga berarti eksisi vertebra posterior dan umumnya dilakukan untuk menghilangkan tekanan atau nyeri akibat HNP (Hernia Nucleus Pulposus).

Hasilnya ya Alhamdulillah, setelah Ny. Borinem menjalani operasi dan perawatan intensif kabarnya sekarang beliau sudah sehat dan bisa melakukan aktivitas seperti sediakala. Itu menambah suka cita bagi kami pihak RS Karima Utama.

Bagaikan melihat hari yang cerah berpelangi dan malam indah berpurnama. Udara penuh oksigen. Lega. Bahagia. 

Pendampingan pasca operasi Ny. Borinem lebih dari satu pekan kemarin ternyata tidak sia-sia. Perawat dan Fisioterapis yang menemani Ny. Borinem dengan sabar itu kini berbuah manis. Bagaimana susah dan repotnya mengajari, mulai dari latihan memiringkan badan, latihan duduk, kemudian latihan duduk sambil ongkang-ongkang, sampai akhirnya latihan berjalan. Semua lelah selama pendampingan itu seperti sirna sudah, terbayar dengan menyaksikan kesembuhan Ny. Borinem. Sekali lagi kami pihak RS Karima Utama menyampaikan selamat atas kesembuhan Ny. Borinem.
Kesembuhan Pasien adalah Kebahagiaan bagi kami. Salam.
Kami Senantiasa Mengutamakan Keselamatan dan Peningkatan Mutu Pelayanan
 
Toggle Footer