Breaking News
Loading...
Senin, 03 Agustus 2015

Tips Mencegah Osteoporosis

10.41


Setelah mengenal Apa Itu Osteoporosis di artikel sebelumnya, di artikel kali ini kami akan mencoba memberikan beberapa kiat untuk mencegah terjadinya Osteoporosis pada tubuh kita. Dalam upaya pencegahan Osteoporosis ada tiga faktor penting yaitu :
1.        Penuhi jumlah kalsium
Salah satu sumber kalsium yang baik adalah susu. Kebutuhan kalsium pada setiap orang berbeda berdasarkan usia, untuk usia dewasa antara 19 s.d 50 tahun adalah sekitar 1.000 mg/hari. Selain dari susu dan produk olahannya, berikut beberapa sumber makanan yang mengandung kalsium yang cukup banyak :
-          Sayuran berdaun hijau gelap
-          Salmon atau sarden dengan tulang
-          Produk kedelai, seperti tahu, tempe, susu kedelai dll
-          Kalsium yang diperkaya sereal dan jus jeruk

2.        Vitamin D yang cukup
Kebutuhan vitamin D normal per hari adalah berkisar 400 IU (international unit). Dalam bentuk non-aktif, vitamin D banyak terdapat di bawah kulit. Cukupi konsumsi vitamin D diketahui mampu memelihara kesehatan tulang dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium dari sistem pencernaan, serta mengurangi pembuangannya dari ginjal. Vitamin D akan menjadi aktif dan berfungsi apabila terpapar sinar matahari pagi yang banyak mengandung ultraviolet. Terpapar sinar matahari sekitar 20 menit per hari, minimal 3 kali seminggu sudah cukup untuk membantu produksi vitamin D.
Selain kalsium dan Vitamin D yang cukup, menghindari mengkonsumsi kafein, natrium dan alkohol secara berlebih sangat penting karena dapat mengurangi penyerapan kalsium dalam tubuh. Faktanya, mengkonsumsi kafein, natrium dan alkohol secara berlebih membuat ginjal mengeluarkan kalsium bukan menyerapnya.

3.        Olahraga secara teratur
Olahraga dapat membantu membangun tulang yang kuat dan memperlambat pengeroposan tulang. Kombinasikan latihan kekuatan dengan menahan beban. Latihan kekuatan membantu memperkuat otot dan tulang di lengan belakang bagian atas dan latihan beban seperti berjalan kaki, jogging, berlari, memanjat dan lompat tali terutama mempengaruhi tulang di kaki, pinggul dan tulang belakang lebih rendah.

Untuk konsultasi lebih lanjut dapat dilakukan di RS Karima Utama Surakarta Poli Orthopedi.
Informasi dan Pendaftaran : (0271)-783399/784185

Semoga bermanfaat.
Kami Senantiasa Mengutamakan Keselamatan dan Peningkatan Mutu Pelayanan
 
Toggle Footer